Seksi Pengelolaan Arsip Statis

Tugas Pokok dan Fungsi

  1. Seksi Pengelolaan Arsip Statis mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan dibidang Pengelolaan Arsip Statis.
  2. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Pengelolaan Arsip Statis menyelenggarakan fungsi :
    • Penyusunan dan Perumusan bahan Kebijakan, Norma, Standar dan Pedoman Penyelenggaraan Arsip Statis berdasarkan Kebijakan Nasional;
    • Penyusun Program Kerja yang mengacu pada Rencana Kerja Bidang Penyelenggaraan Kearsipan;
    • Penyelenggaraan pembinaan dan pengelolaan kearsipan statis di Satuan Kerja Perangkat Daerah;
    • Pelaksanaan monitoring, evaluasi/penilaian, verifikasi dan pelaporan program Seksi Arsip Statis pada Satuan Kerja Perangkat Daerah;
    • Pelaksanaan monitoring, Penilaian dan Verifikasi terhadap Fisik Arsip dan Daftar Arsip;
    • Penyelenggaraan kerjasama di bidang kearsipan statis;
    • Penyelenggaraan promosi dan sosialisasi kearsipan Statis;
    • Pelaksanaan persiapan Penetapan Status Arsip Statis;
    • Melaksanaan Akuisisi Arsip Statis;
    • Mengusulkan pemusnahan Arsip;
    • Melaksanakan persiapan penyerahan Arsip Statis;
    • Pelaksanaan penelusuran Arsip Statis;
    • Penyiapan bahan dalam rangka Penerbitan Naskah Sumber Arsip;
    • Penerimaan fisik arsip dan daftar arsip;
    • Pelaksanaan Penataan Informasi Arsip Statis;
    • Pelaksanaan penataan Fisik Arsip Statis;
    • Penyelenggaraan pelayanan kearsipan statis;
    • Penyusunan guide, daftar dan Inventaris Arsip Statis;
    • Pelaksanaan penyimpanan, pemeliharaan, pelestarian dan perlindungan Arsip Statis;
    • Pelaksanaan perawatan dan perbaikan Arsip Statis serta penyelamatan Arsip Statis akibat Bencana;
    • Pelaksanaan Alih Media dan Reproduksi Arsip Statis;
    • Pelaksanaan pengujian Autentisitas Arsip Statis;
    • Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Print Friendly, PDF & Email