Profil

Berdirinya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Daerah tidak dapat dipisahkan dari amanat Undang-Undang Dasar 1945, yaitu untuk mencerdaskan kehidupan Bangsa. Selanjutnya dalam  Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 4 terutama angka 5 (lima) menjelaskan “Pendidikan diselenggarakan dengan mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat”.  Dalam Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan juga dijelaskan terutama pada Pasal 2, 3 dan 4 disebutkan “Perpustakaan diselenggarakan berdasarkan asas pembelajaran sepanjang hayat, demokrasi keadilan, keprofesionalan, keterbukaan, kerukunan dan kemitraan. Selain itu Perpustakaan juga dapat berfungsi sebagai wahana pendidikan.

Mencermati dari aturan yang ada, perpustakaan sangat diperlukan untuk menciptakan manusia yang unggul dan berkualitas dalam menjalankan kehidupan sehari-hari termasuk di Kabupaten Natuna, oleh karena itulah sejak tahun 2007 layanan perpustakaan sudah ada dibawah Bagian Organiasi Sekretariat Daerah Natuna. Seiring dengan perkembangan daerah kabupaten Natuna, maka pada tahun 2008 melalui Peraturan Daerah Nomor 38 Tahun 2008 tertanggal 15 Desember terbentuklah  Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah. Berdirinya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan selain amanat dari undang-undang juga merupakan urusan penunjang Pemerintah Daerah yang disertai wewenang tugas dan tanggung jawab dalam menunjang penyelenggaraan urusan di bidang Perpustakaan dan Kearsipan.

Sementara pembangunan bidang kearsipan diarahkan untuk meningkatkan peran dan fungsi arsip sebagai sumber informasi pusat ingatan, alat pengendali, sarana evaluasi pelaksanaan pembangunan dan merupakan bukti auntentik dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Penyelenggaraan kearsipan berpedoman pada Undang Undang Nomor 7 Tahun 1971 tentang Ketentuan – ketentuan pokok kearsipan dan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 30 Tahun 1971 tentang Tata Kearsipan Departemen Dalam Negeri, yang dalam penerapannya disebut dengan Sistem Kearsipan Pola Baru.

Semoga dengan hadirnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ditengah masyarakat Natuna mampu memberi warna dalam meningkatkan minat dan budaya baca serta lebih tertib dan sadar akan pentingnya pengelolaan secara baik dan benar.

Kepala

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Natuna

TTD

Print Friendly, PDF & Email