ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA (ANRI) SERAHKAN APLIKASI SISTEM INFORMASI KEARSIPAN DINAMIS BERBASIS TIK (SIKD TIK) KEPADA PEMERINTAH KABUPATEN NATUNA

This image has an empty alt attribute; its file name is Serah-terima-SIKD.jpg
Serah terima aplikasi SIKD dari ANRI kepada Pemerintah Kabupaten Natuna yang diwakili oleh Sekda Kab. Natuna

Ranai, 25/09/2019 – Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) adakan Kegiatan Pelatihan, Pendampingan Dan Penyerahan E-Arsip yaitu Aplikasi Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Berbasis TIK (SIKD TIK) pekan lalu.

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dengan Pemerintah Kabupaten Natuna dalam hal ini diwakili oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan selaku Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) dan difasilitasi oleh Bagian Umum Setda Kab. Natuna.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekda Kabupaten Natuna Bpk. Wan Siswandi, S.Sos. Dalam sambutannya, Sekda Kab. Natuna menyambut baik dan berharap agar nantinya aplikasi SIKD ini dapat di terapkan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna khususnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bpk. Ir. Basri, M.Si. didampingi oleh Kabid Penyelenggaraan Kearsipan Ibu Suharti, S.Sos. selaku perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Natuna dan Bpk. Drs. Gunawan (Kepala Subdirektorat Daerah II B) perwakilah dari pihak ANRI.

Ada 7 OPD yang diundang dalam Pelatihan ini dan dilaksanakan selama dua hari (25 s/d 26 September 2019). Diharapkan nantinya ketujuh OPD ini mampu menjadi Pilot Project dalam penerapan aplikasi SIKD ini.

Aplikasi SIKD TIK ini merupakan suatu wujud penerapan teknologi informasi dalam manajemen tata kelola modern di bidang  kearsipan (e-Arsip) sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan.

ANRI senantiasa terus mendorong pengembangan penyelenggaraan kearsipan di lingkungan Pemerintah Daerah. salah satu upaya yang dilakukan adalah berupa pemberian implementasi sistem informasi kearsipan dinamis (SIKD).

Implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan arsip dinamis berbasis teknologi informasi di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna khususnya, sebagai upaya penyelamatan arsip statis sebagai pertanggungjawaban nasional bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Untuk itu, penerapan implementasi SIKD ini diharapkan dapat menjadi awal seluruh rangkaian usaha dan kegiatan dibidang kearsipan sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang tersebut.

Bagi Pemerintah Kabupaten Natuna, acara ini memiliki makna khusus, yakni:

  1. Merupakan suatu usaha untuk menghidupkan tali silaturrahmi dan kerja sama dibidang kearsipan antara pemerintah daerah kabupaten natuna dengan arsip nasional republik indonesia (anri);
  2. Merupakan upaya kita bersama dalam meningkatkan pengelolaan kearsipan sesuai dengan Undang-Undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 135 tahun 2018 tentang Percepatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Di Lingkungan Pemerintah Daerah;
  3. Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna diharapkan dapat menjadi yang terbaik dalam hal penyelenggaraan kearsipannya, sehingga penyelenggaraan kearsipannya dapat dijadikan percontohan bagi daerah lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan meminta perhatian para peserta agar kegiatan ini diikuti dengan serius, sehingga peserta mendapatkan ilmu pengetahuan yang memadai tentang bagaimana mengelola arsip dengan baik dan saudara dapat menerapkan pemahaman yang didapat dari kegiatan pelatihan ini di tempat tugas saudara masing-masing serta dapat menciptakan sumber daya manusia  aparatur yang bermutu dan bermartabat, meningkatkan sistem pengelolaan dan pemeliharaan kearsipan melalui penyediaan data yang akurat, serta mewujudkan pelayanan yang lebih baik. (By : ES)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *